Sejarah Candi Borobudur dan Harga Tiket Masuk Beserta Foto Candi Borobudur

shares

Sejarah Candi Borobudur - Candi Borobudur merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia yang berada di Indonesia. Candi Borobudur terletak di Provinsi Jawa tengah tepatnya dikota Magelang. Harga tiket masuk candi borobudur cukup terjangkau bagi kalian yang ingin berkunjung ke wisata internasional ini. Berikut Harga tiket masuk Candi Borobudur Terbaru:

Sejarah Candi Borobudur
Candi Borobudur

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur


Umum *Rp. 30.000,00
Anak-Anak * Rp. 12.500,00
Wisatawan Asing *20 USD

Keterangan:
  1. Umum : Usia 6 tahun ke Atas
  2. Anak-Anak : Usia dibawah 6 tahun
  3. Wisatawan Asing : Pelancong dari Negara Asing atau Mancanegara
tiket masuk candi borobudur
Wisata Candi Borobudur

Sejarah Candi Borobudur

Candi Budha terbesar di dunia ini terkenal di seluruh dunia dan telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia.  Selain itu candi borobudur menjadi salah satu tempat wisata dunia yang terkenal dan menjadi wisata pengetahuan dan wisata religi saat ini.

Sejarah Candi Borobudur
Gambar Candi Borobudur

Candi Borobudur dikenal oleh dunia saat ditemukan oleh HC Cornelius pada tahun 1814 atas perintah dari Sir Thomas Stamford Raflles. Proses penemuan candi terbesar di dunia ini melalui proses penggalian karena tertimbun tanah ratusan tahun lamanya. Penggalian tersebut dilanjutkan oleh pemerintah belanda dibawah pimpinan Hotman dan menjadi pusat perhatian para arkeolog saat itu. Mereka berlomba-lomba mencari asal usul sejarah berdirinya candi borobudur.

Asal Usul Sejarah Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan bukti kekayaan sejarah bangsa Indonesia. Candi yang memiliki stupa tertua dan kompleks stupa terbesar di dunia ini didirikan pada masa Dinasti Syailendra. Candi ini didirikan pada masa pemerintahan Samaratungga dari kerajaan mataram kuno dan menghabiskan waktu sekitar 50 tahun. 

Candi terbesar di dunia ini selesai dibangun pada abab ke 8 Masehi. Pembangunan Candi Borobudur dimulai tahun 778 - 868 Masehi atau 300 tahun sebelum Candi Angkor Wat (Kamboja) dan 200 tahun sebelum Candi Notre Dame.
Nama asli Candi Borobudur sendiri masih menjadi misteri yang belum terkuak sampai saat ini. Tidak adanya sumber sejarah baik prasasti maupun buku yang menjelaskan nama asli Candi Borobudur. Berbagai pendapat bermunculan dalam menguak misteri nama Borobudur, Penting kalian ketahui bahwa pemberian nama Candi Borobudur merupakan Pemberian dari Sir Thomas Stamford Raffles.

Relief Candi Borobudur
Relief Candi Borobudur

Ada Pendapat yang mengatakan bahwa nama Borobudur berasal dari kata "Samara Budhara" yang memiliki arti gunung yang lerengnya terletak di teras. Pendapat lain mengatakan bahwa nama Borobudur berasal dari ucapan Buddha yang mengalami pergeseran kata yaitu bore (desa) dan budur (purba). 

Selain pendapat diatas nama "Borobudur" diprediksi berasal dari bahasa Sansekerta Vihara Buddha Ur yang artinya Kuil Buddha dari puncak gunung. Meskipun belum ada kepastian nama, namun kita wajib menghargai dan bangga terhadap warisan budaya ini. Mari kita jaga dan lestarikan agar Candi Borobudur tetap menjadi salah satu kekayaan budaya dunia.

Sejarah Candi Borobudur : Bentuk Bangunan dan Relief Candi Borobudur

Candi Borobudur memiliki bentuk piramida berundak yang terbagi menjadi 9 lapis atau lantai. Enam lapis lantai bagian bawah mempunyai bentuk bujur sangkar dan lingkaran luarnya merupakan galeri relief. Relief Candi Borobudur merupakan pusat atau gudang sejarah yang tersohor di dunia. Panjang relief Candi mencapai 2,5 km yang artinya hampir sama dengan Piramida Mesir.

Sejarah Candi Borobudur
Sejarah Candi Borobudur

Candi yang terletak di kota magelang ini awalnya mempunyai ketinggian 42 meter. Setelah beberapa renovasi yang dilakukan pemerintah tingginya berkurang menjadi sekitar 35 meter. Hingga saat ini Borobudur sudah direnovasi sebanyak 2 kali pada tahun 1905 sampai 1910, dan tahun 1973 sampai 1983.

Ukuran dan bentuk spesifik Candi Borobudur yaitu:
  • Lantai 1 sampai 6 berbentuk bujur sangkar.
  • Lantai 7 sampai 10 berbentuk lingkaran.
  • Lantai 10 mempunyai dimensi 123x123 m 

Candi Buddha terbesar di dunia ini terdiri dari 1460 panel yang masing-masing mempunyai lebar 2 meter. Luas seluruh dinding candi adalah 2500 meter persegi dan di luarnya tertempel relief-relief yang berjumlah 1212. Jumlah Stupa (Patung Buddha) yang berada si kompleks borobudur adalah 504. Sebanyak 72 Stupa mempunyai bentuk lonceng ajaib. Sementara Stuppa terbesar terletak di puncak Candi Borobudur.

Gambar Stupa Candi Borobudur
Stupa Candi Borobudur

Sejarah Candi Borobudur memang sampai saat ini masih menyimpan berbagi misteri yang belum terpecahkan. Saat para ilmuan menggambar denah candi borobudur, mereka menemukan pola-pola aneh yang mengarah pada fungsi borobudur. Berikut hasil penelitian sejarah pada bentuk dan bangunan fungsi Candi Borobudur:

Sebagai Jarum Jam yaitu jarum jam diilustrasikan bayangan stupa yang besar dan jatuh tepat di stupa lantai bawah. Namun menurut penelitian sejarah lain menghasilkan hasil lain bahwa jam pada candi ini menunjukan tanda kapan masa bercocok tanam atau masa panen rakyat di sekitar Candi Borobudur.

Demikian Penjelasan lengkap tentang Sejarah Candi Borobudur dan Harga Tiket Masuk Candi Borobudur. Semoga Setelah membaca artikel ini kita lebih menghargai warisan budaya Indonesia dan Bangga dengan bangunan-bangunan sejarah di Indonesia.

Klik Pengetahuan, Situs Pengetahuan Umum dan Materi Pelajaran Terlengkap

Related Posts