Organ Tubuh Manusia dan Fungsinya dalam Kehidupan



Organ Tubuh Manusia dan Fungsinya dalam Kehidupan - Tubuh manusia merupakan sebuah sistem kehidupan yang dirancang unik dan terdiri dari organ-organ tubuh yang berperan sangat penting bagi kehidupan kita. Sebagai rasa terimakasih kita karena telah diberikan organ yang luar biasa ini maka marilah kita menjaganya dengan pola hidup yang sehat.
organ tubuh manusia
Organ tubuh manusia adalah sekumpulan jaringan yang memiliki fungsi masing - masing di dalam tubuh manusia dan saling bekerja sama setiap harinya. 
Organ tubuh manusia terdiri dari berbagai macam dan memiliki fungsi masing-masing di dalam tubuh kita. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang fungsi organ tubuh manusia yang harus kita ketahui. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu fungsi dari organ yang penting di dalam tubuh kita !

1.Fungsi Organ Otak

Otak merupakan salah satu perbedaan kita dengan makhluk hidup lainnya, karena dengan organ ini kita dapat berfikir dan membedakan hal yang baik dan tidak baik dalam kehidupan kita.
Otak merupakan organ vital artinya sangat penting bagi kita karena berperan sebagai pusat pengaturan seluruh sistem organ dalam tubuh
Bagian – bagian otak dan fungsinya :

a. Korteks Otak (otak besar), Korteks otak adalah bagian paling luar dari otak kita. bagian ini mempunyai fungsi sebagai pusat berpikir dan mengatur gerakan yang dapat kita perintahkan. Otak besar dibagi menjadi beberapa bagian dalam menjalankan fungsinya, yaitu:

  • Otak bagian depan (frontal): berfungsi untuk mengatur gerakan, berperan dalam pengambilan keputusan.

  • Otak bagian tengah (parietal): memiliki fungsi dalam mengatur sensasi, rasa, dan kemampuan menulis.

  • Otak bagian belakang (osipital): berfungsi untuk memproses sistem penglihatan manusia

  • Otak bagian samping (temporal): sebagai pusat memori dan pendengaran.

b. Batang Otak, Batang otak terletak di bagian belakang sebelah bawah dari otak yang letaknya di dekat tulang leher. Bagian otak yang ini mempunyai fungsi untuk mengatur sistem pernafasan kita.

c. Basal Ganglia, Basal ganglia merupakan Bagian otak kita yang berada di bagian temporal otak atau lebih tepatnya pada tempat yang paling dalam di sistem otak manusia. Bagian ini berfungsi sebagai pusat ingatan dan pusat koordinasi dari semua informasi yang masuk ke dalam otak manusia.

d. Otak Kecil, Otak kecil merupakan bagian otak yang terletak paling belakang dan bawah dari otak besar yang letaknya berdekatan dengan batang otak. Otak kecil mempunyai fungsi untuk mengatur keseimbangan tubuh manusia.

2. Fungsi Organ Jantung

Jantung merupakan organ tubuh manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh bagian tubuh kita, artinya setiap jantung kita berdetak berarti jantung kita sedang bekerja kawan bukan artinya malah kita sedang jatuh cinta atau apalah hhee

Jantung terdiri dari 4 ruangan yaitu serambi kanan dan serambi kiri yang berada di bagian atas, serta bilik kanan dan bilik kiri yang letaknya di bawah serambi. Serambi dan bilik ini memiliki peran atau fungsi berbeda, oleh karena itu silahkan simak baik-baik penjelasan berikut....

Fungsi bagian-bagian di dalam Organ Jantung
  • Serambi Kanan : menerima darah yang telah berputar ke seluruh tubuh. Darah yang masuk adalah darah yang penuh dengan karbon dioksida sebagai sisa dari metabolisme sel yang tidak digunakan.

  • Bilik Kanan : menerima darah kotor dari serambi kanan untuk diteruskan ke paru-paru. Di dalam paru-paru darah akan dibersihkan sehingga darah kembali kaya akan oksigen.

  • Serambi Kiri : menerima darah bersih (darah yang kaya akan oksigen) dari paru-paru. Darah bersih ini kan didorong masuk ke dalam bilik kiri.

  • Bilik Kiri : memompa darah yang sudah bersih dan kaya akan oksigen untuk disalurkan ke seluruh tubuh.

3. Fungsi Organ Paru

Organ tubuh kita yang bernama paru-paru. Kita sering mendengar istilah hutan sebagai paru-paru dunia kan ? kalau hutan merupakan paru-paru dunia berfungsi menyaring udara atau tempat yang mempunyai udara yang bersih untuk kita hirup. Lalu apa sih sebenarnya fungsi paru-paru ????

Organ Paru-Paru merupakan Organ tubuh manusia yang berfungsi sebagai tempat menyaring udara yang masuk kedalam tubuh manusia, udara dari luar bernama oksigen akan diolah dan diedarkan keseluruh tubuh sementara udara kotor bernama karbondioksida akan dikeluarkan kembali melalui hidung.
Fungsi Organ Paru sebagai tempat bergantinya oksigen menjadi karbondioksida. Intinya fungsi paru-paru dalam tubuh kita adalah mengganti udara yang kita hirup (oksigen) dan menggantinya menjadi karbondioksida yang dikeluarkan keluar tubuh melalui hidung serta mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

4. Fungsi Organ Hati

Organ tubuh manusia yang selanjtunya adalah Organ hati atau sering disebut liver. Organ yang satu ini memiliki fungsi utama dalam metabolisme zat-zat dalam tubuh kita.
Organ Hati merupakan organ tubuh manusia yang berfungsi menetralkan racun di dalam tubuh kita dan sebagai organ metabolisme zat di dalam tubuh
Untuk fungsi lebih jelasnya seperti berikut :
  • Memecah dan membersihkan racun dalam tubuh dengan cara mengubah zat amonia yang merupakan hasil metabolisme tubuh menjadi zat urea agar dapat dikeluarkan melalui urin.

  • Berfungsi sebagai tempat penyimpanan vitamin dan zat yang diperlukan tubuh, meliputi vitamin B12, asam folat, zat besi, vitamin A, vitamin D, dan vitamin K.

  • Melakukan sintesis protein seperti albumin dan faktor pembekuan darah.

  • Bertanggung jawab dalam memproduksi kolesterol.

  • Mengubah glukosa dalam darah menjadi produk glikogen agar dapat disimpan di hati dan sel-sel otot.

  • Membantu pencernaan makanan dengan adanya empedu yang melekat pada hati.

5. Fungsi Organ Lambung

Organ yang selanjutnya sering kita jumpai di TV ataupun media lainnya karena sering digunakan dalam iklan obat sakit magh. Organ tersebut bernama Lambung atau sering diartikan organ pencernaan yang paling utama.
Organ Lambung merupakan organ tubuh manusia yang paling utama dalam sistem pencernaan makanan sebagai tempat untuk memproses makanan yang masuk ke dalam tubuh.
Organ ini memiliki fungsi sebagai berikut :
  • Mencerna makanan yang masuk dan menghancurkannya menjadi kecil sehingga makanan lebih mudah dicerna oleh usus.

  • Memproduksi asam lambung dan enzim pencernaan (pepsin) yang berfungsi menguraikan makanan yang masuk dan juga menjaga sistem kekebalan tubuh kita dengan membunuh bakteri yang masuk bersama makanan.

  • Organ utama dalam sistem pencernaaan makanan

6. Fungsi Organ Usus

Usus adalah organ tubuh manusia yang dijadikan sebuah produk minuman bernama Yakult untuk senjata iklan mereka. Lohh ?!?!? hehee
Organ tubuh manusia yang berperan setelah menerima makanan yang telah diproses oleh lambung dan membagi sisa makanan yang akan dibuang dan juga kembali ke dalam tubuh
Organ tubuh manusia yang satu ini berperan penting dalam proses pencernaan makanan. Usus sendiri terdiri dari usus halus, usus 12 jari, dan usus besar. Usus halus dan usus 12 jari merupakan bagian usus di mana 90% makanan yang kita cerna diserap dan diambil nutrisi dan mineralnya, sedangkan 10% sisanya akan dicerna di usus besar.

Makanan yang telah diserap ini nantinya akan diproses lagi di dalam usus besar. Fungsi organ usus besar ialah menyerap air yang masih ada di dalam makanan yang telah dicerna oleh usus halus. Jika tidak ada lagi air yang dapat diserap, usus besar akan mendorong sampah makanan untuk dikeluarkan dari tubuh kita dalam bentuk feses (kotoran).

7. Fungsi Organ Pankreas

Organ yang satu ini mungkin jarang dikenal oleh orang awam, walaupun demikian si Pankreas tetap berperan penting di dalam tubuh orang awam tersebut. Organ pankreas ini berperan dalam membantu proses pencernaan dan mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Nah bayangkan jika orang awam tersebut tidak punya pankreas ? haha

Sebagai organ manusia, Pankreas berfungsi membantu proses pencernaan makanan dan juga menghasilkan enzim-enzim penting dalam tubuh kita, seperti:
  1. Enzim tripsin untuk mencerna protein

  2. Enzim amilase untuk mencerna karbohidrat

  3. Enzim lipase untuk memecah lemak

Fungsi pankreas selanjutnya yaitu mengatur kadar gula dalam darah, pankreas menghasilkan hormon insulin untuk menurunkan kadar gula dalam darah kita dan menghasilkan glukagon untuk meningkatkan kadar gula darah jika kadar gula dalam darah terlalu rendah. Hebat bukan ???

8. Fungsi Organ Limpa

Limpa adalah organ tubuh manusia yang terletak di perut kiri bagian atas di belakang lambung. Organ tubuh manusia satu ini berukuran cukup kecil, tetapi memiliki fungsi yang cukup penting bagi tubuh manusia.
Fungsi organ limpa, yaitu:
  • Menyaring darah yang beredar di dalam tubuh. Limpa akan mengenali dan menghancurkan sel-sel darah merah yang telah rusak sehingga tidak lagi beredar ke seluruh tubuh karena sel darah merah yang telah rusak tidak dapat lagi mengangkut oksigen dengan baik.

  • Menyerap zat besi yang masih ada di dalam sel darah yang telah rusak dan mengembalikannya ke sumsum tulang untuk pembentukan hemoglobin (zat merah darah yang mengangkut oksigen) yang baru.

  • Menyimpan darah dan melepaskannya ke dalam sirkulasi ketika tubuh memerlukan, misal dalam kodisi perdarahan yang cukup hebat. Pembuluh darah yang ada pada limpa dapat melebar dan menyempit bergantung pada kebutuhan darah yang diperlukan. Ketika pembuluh darah limpa melebar, limpa dapat menyimpan lebih banyak darah di dalamnya.

  • Berperan penting dalam sistem imun tubuh untuk melawan infeksi yang terjadi dalam tubuh. Limpa akan mengeluarkan sel-sel yang disebut limfosit yang dapat memproduksi antibodi serta menghasilkan protein yang dapat melemahkan bakteri dan virus.

9. Fungsi Organ Ginjal

Organ tubuh manusia selanjutnya kita kenal sebagai ginjal. Ginjal ini dalam manusia normal berjumlah 2 buah yang terletak di sebelah kanan dan kiri rongga perut. Dalam dunia saat ini banyak manusia dapat hidup dengan satu buah ginjal meskipun hidupnya tidak sekuat makhluk normalnya. Akibat keajaiban ini banyak perdagangan ginjal ratusan juta tersebar diseluruh muka bumi....

Miris kan ? kalau berminat menjual ginjal kalian silahkan pasang iklan di tokobagus atau tokopedia hhehe
Ginjal merupakan Organ yang mempunyai banyak fungsi bagi kita diantaranya menetralkan racun, menjaga keseimbangan tubuh, dan mengontrol tekanan darah.
Ginjal sendiri mempunyai fungsi sebagai berikut :
  • Mengeluarkan semua zat yang tidak berguna bagi tubuh seperti racun, garam yang berlebihan, nitrogen sisa metabolisme, dan zat urea kemudian dikeluarkan saat kita buang air kecil.dalam bentuk urin (air seni).

  • Menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh kita. Jadi, saat tubuh kita dehidrasi ginjal akan menghemat cairan dalam tubuh kita sedangkan saat cairan di dalam tubuh kita berlebihan ginjal akan mengeluarkannya.

  • Mengontrol tekanan darah. Hebat bukan si ginjal ini seperti dokter dalam tubuh kita jadi jangan sampai kita menjualnya ya kawan-kawan :P
Demikian artikel kami tentang organ tubuh manusia dan fungsinya dalam kehidupan, semoga dapat menambah pengetahuan kalian semuanya. Jika tulisan saya ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman kalian dan jangan lupa terus ikuti pengetahuan-pengetahuan menarik kami setiap harinya..

Salam dari kami Klik Pengetahuan, satu klik untuk kami seribu pengetahuan untuk kalian


Organ Tubuh Manusia dan Fungsinya dalam Kehidupan - Tubuh manusia merupakan sebuah sistem kehidupan yang dirancang unik dan terdiri dari organ-organ tubuh yang berperan sangat penting bagi kehidupan kita. Sebagai rasa terimakasih kita karena telah diberikan organ yang luar biasa ini maka marilah kita menjaganya dengan pola hidup yang sehat.
organ tubuh manusia
Organ tubuh manusia adalah sekumpulan jaringan yang memiliki fungsi masing - masing di dalam tubuh manusia dan saling bekerja sama setiap harinya. 
Organ tubuh manusia terdiri dari berbagai macam dan memiliki fungsi masing-masing di dalam tubuh kita. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang fungsi organ tubuh manusia yang harus kita ketahui. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu fungsi dari organ yang penting di dalam tubuh kita !

1.Fungsi Organ Otak

Otak merupakan salah satu perbedaan kita dengan makhluk hidup lainnya, karena dengan organ ini kita dapat berfikir dan membedakan hal yang baik dan tidak baik dalam kehidupan kita.
Otak merupakan organ vital artinya sangat penting bagi kita karena berperan sebagai pusat pengaturan seluruh sistem organ dalam tubuh
Bagian – bagian otak dan fungsinya :

a. Korteks Otak (otak besar), Korteks otak adalah bagian paling luar dari otak kita. bagian ini mempunyai fungsi sebagai pusat berpikir dan mengatur gerakan yang dapat kita perintahkan. Otak besar dibagi menjadi beberapa bagian dalam menjalankan fungsinya, yaitu:

  • Otak bagian depan (frontal): berfungsi untuk mengatur gerakan, berperan dalam pengambilan keputusan.

  • Otak bagian tengah (parietal): memiliki fungsi dalam mengatur sensasi, rasa, dan kemampuan menulis.

  • Otak bagian belakang (osipital): berfungsi untuk memproses sistem penglihatan manusia

  • Otak bagian samping (temporal): sebagai pusat memori dan pendengaran.

b. Batang Otak, Batang otak terletak di bagian belakang sebelah bawah dari otak yang letaknya di dekat tulang leher. Bagian otak yang ini mempunyai fungsi untuk mengatur sistem pernafasan kita.

c. Basal Ganglia, Basal ganglia merupakan Bagian otak kita yang berada di bagian temporal otak atau lebih tepatnya pada tempat yang paling dalam di sistem otak manusia. Bagian ini berfungsi sebagai pusat ingatan dan pusat koordinasi dari semua informasi yang masuk ke dalam otak manusia.

d. Otak Kecil, Otak kecil merupakan bagian otak yang terletak paling belakang dan bawah dari otak besar yang letaknya berdekatan dengan batang otak. Otak kecil mempunyai fungsi untuk mengatur keseimbangan tubuh manusia.

2. Fungsi Organ Jantung

Jantung merupakan organ tubuh manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh bagian tubuh kita, artinya setiap jantung kita berdetak berarti jantung kita sedang bekerja kawan bukan artinya malah kita sedang jatuh cinta atau apalah hhee

Jantung terdiri dari 4 ruangan yaitu serambi kanan dan serambi kiri yang berada di bagian atas, serta bilik kanan dan bilik kiri yang letaknya di bawah serambi. Serambi dan bilik ini memiliki peran atau fungsi berbeda, oleh karena itu silahkan simak baik-baik penjelasan berikut....

Fungsi bagian-bagian di dalam Organ Jantung
  • Serambi Kanan : menerima darah yang telah berputar ke seluruh tubuh. Darah yang masuk adalah darah yang penuh dengan karbon dioksida sebagai sisa dari metabolisme sel yang tidak digunakan.

  • Bilik Kanan : menerima darah kotor dari serambi kanan untuk diteruskan ke paru-paru. Di dalam paru-paru darah akan dibersihkan sehingga darah kembali kaya akan oksigen.

  • Serambi Kiri : menerima darah bersih (darah yang kaya akan oksigen) dari paru-paru. Darah bersih ini kan didorong masuk ke dalam bilik kiri.

  • Bilik Kiri : memompa darah yang sudah bersih dan kaya akan oksigen untuk disalurkan ke seluruh tubuh.

3. Fungsi Organ Paru

Organ tubuh kita yang bernama paru-paru. Kita sering mendengar istilah hutan sebagai paru-paru dunia kan ? kalau hutan merupakan paru-paru dunia berfungsi menyaring udara atau tempat yang mempunyai udara yang bersih untuk kita hirup. Lalu apa sih sebenarnya fungsi paru-paru ????

Organ Paru-Paru merupakan Organ tubuh manusia yang berfungsi sebagai tempat menyaring udara yang masuk kedalam tubuh manusia, udara dari luar bernama oksigen akan diolah dan diedarkan keseluruh tubuh sementara udara kotor bernama karbondioksida akan dikeluarkan kembali melalui hidung.
Fungsi Organ Paru sebagai tempat bergantinya oksigen menjadi karbondioksida. Intinya fungsi paru-paru dalam tubuh kita adalah mengganti udara yang kita hirup (oksigen) dan menggantinya menjadi karbondioksida yang dikeluarkan keluar tubuh melalui hidung serta mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

4. Fungsi Organ Hati

Organ tubuh manusia yang selanjtunya adalah Organ hati atau sering disebut liver. Organ yang satu ini memiliki fungsi utama dalam metabolisme zat-zat dalam tubuh kita.
Organ Hati merupakan organ tubuh manusia yang berfungsi menetralkan racun di dalam tubuh kita dan sebagai organ metabolisme zat di dalam tubuh
Untuk fungsi lebih jelasnya seperti berikut :
  • Memecah dan membersihkan racun dalam tubuh dengan cara mengubah zat amonia yang merupakan hasil metabolisme tubuh menjadi zat urea agar dapat dikeluarkan melalui urin.

  • Berfungsi sebagai tempat penyimpanan vitamin dan zat yang diperlukan tubuh, meliputi vitamin B12, asam folat, zat besi, vitamin A, vitamin D, dan vitamin K.

  • Melakukan sintesis protein seperti albumin dan faktor pembekuan darah.

  • Bertanggung jawab dalam memproduksi kolesterol.

  • Mengubah glukosa dalam darah menjadi produk glikogen agar dapat disimpan di hati dan sel-sel otot.

  • Membantu pencernaan makanan dengan adanya empedu yang melekat pada hati.

5. Fungsi Organ Lambung

Organ yang selanjutnya sering kita jumpai di TV ataupun media lainnya karena sering digunakan dalam iklan obat sakit magh. Organ tersebut bernama Lambung atau sering diartikan organ pencernaan yang paling utama.
Organ Lambung merupakan organ tubuh manusia yang paling utama dalam sistem pencernaan makanan sebagai tempat untuk memproses makanan yang masuk ke dalam tubuh.
Organ ini memiliki fungsi sebagai berikut :
  • Mencerna makanan yang masuk dan menghancurkannya menjadi kecil sehingga makanan lebih mudah dicerna oleh usus.

  • Memproduksi asam lambung dan enzim pencernaan (pepsin) yang berfungsi menguraikan makanan yang masuk dan juga menjaga sistem kekebalan tubuh kita dengan membunuh bakteri yang masuk bersama makanan.

  • Organ utama dalam sistem pencernaaan makanan

6. Fungsi Organ Usus

Usus adalah organ tubuh manusia yang dijadikan sebuah produk minuman bernama Yakult untuk senjata iklan mereka. Lohh ?!?!? hehee
Organ tubuh manusia yang berperan setelah menerima makanan yang telah diproses oleh lambung dan membagi sisa makanan yang akan dibuang dan juga kembali ke dalam tubuh
Organ tubuh manusia yang satu ini berperan penting dalam proses pencernaan makanan. Usus sendiri terdiri dari usus halus, usus 12 jari, dan usus besar. Usus halus dan usus 12 jari merupakan bagian usus di mana 90% makanan yang kita cerna diserap dan diambil nutrisi dan mineralnya, sedangkan 10% sisanya akan dicerna di usus besar.

Makanan yang telah diserap ini nantinya akan diproses lagi di dalam usus besar. Fungsi organ usus besar ialah menyerap air yang masih ada di dalam makanan yang telah dicerna oleh usus halus. Jika tidak ada lagi air yang dapat diserap, usus besar akan mendorong sampah makanan untuk dikeluarkan dari tubuh kita dalam bentuk feses (kotoran).

7. Fungsi Organ Pankreas

Organ yang satu ini mungkin jarang dikenal oleh orang awam, walaupun demikian si Pankreas tetap berperan penting di dalam tubuh orang awam tersebut. Organ pankreas ini berperan dalam membantu proses pencernaan dan mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Nah bayangkan jika orang awam tersebut tidak punya pankreas ? haha

Sebagai organ manusia, Pankreas berfungsi membantu proses pencernaan makanan dan juga menghasilkan enzim-enzim penting dalam tubuh kita, seperti:
  1. Enzim tripsin untuk mencerna protein

  2. Enzim amilase untuk mencerna karbohidrat

  3. Enzim lipase untuk memecah lemak

Fungsi pankreas selanjutnya yaitu mengatur kadar gula dalam darah, pankreas menghasilkan hormon insulin untuk menurunkan kadar gula dalam darah kita dan menghasilkan glukagon untuk meningkatkan kadar gula darah jika kadar gula dalam darah terlalu rendah. Hebat bukan ???

8. Fungsi Organ Limpa

Limpa adalah organ tubuh manusia yang terletak di perut kiri bagian atas di belakang lambung. Organ tubuh manusia satu ini berukuran cukup kecil, tetapi memiliki fungsi yang cukup penting bagi tubuh manusia.
Fungsi organ limpa, yaitu:
  • Menyaring darah yang beredar di dalam tubuh. Limpa akan mengenali dan menghancurkan sel-sel darah merah yang telah rusak sehingga tidak lagi beredar ke seluruh tubuh karena sel darah merah yang telah rusak tidak dapat lagi mengangkut oksigen dengan baik.

  • Menyerap zat besi yang masih ada di dalam sel darah yang telah rusak dan mengembalikannya ke sumsum tulang untuk pembentukan hemoglobin (zat merah darah yang mengangkut oksigen) yang baru.

  • Menyimpan darah dan melepaskannya ke dalam sirkulasi ketika tubuh memerlukan, misal dalam kodisi perdarahan yang cukup hebat. Pembuluh darah yang ada pada limpa dapat melebar dan menyempit bergantung pada kebutuhan darah yang diperlukan. Ketika pembuluh darah limpa melebar, limpa dapat menyimpan lebih banyak darah di dalamnya.

  • Berperan penting dalam sistem imun tubuh untuk melawan infeksi yang terjadi dalam tubuh. Limpa akan mengeluarkan sel-sel yang disebut limfosit yang dapat memproduksi antibodi serta menghasilkan protein yang dapat melemahkan bakteri dan virus.

9. Fungsi Organ Ginjal

Organ tubuh manusia selanjutnya kita kenal sebagai ginjal. Ginjal ini dalam manusia normal berjumlah 2 buah yang terletak di sebelah kanan dan kiri rongga perut. Dalam dunia saat ini banyak manusia dapat hidup dengan satu buah ginjal meskipun hidupnya tidak sekuat makhluk normalnya. Akibat keajaiban ini banyak perdagangan ginjal ratusan juta tersebar diseluruh muka bumi....

Miris kan ? kalau berminat menjual ginjal kalian silahkan pasang iklan di tokobagus atau tokopedia hhehe
Ginjal merupakan Organ yang mempunyai banyak fungsi bagi kita diantaranya menetralkan racun, menjaga keseimbangan tubuh, dan mengontrol tekanan darah.
Ginjal sendiri mempunyai fungsi sebagai berikut :
  • Mengeluarkan semua zat yang tidak berguna bagi tubuh seperti racun, garam yang berlebihan, nitrogen sisa metabolisme, dan zat urea kemudian dikeluarkan saat kita buang air kecil.dalam bentuk urin (air seni).

  • Menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh kita. Jadi, saat tubuh kita dehidrasi ginjal akan menghemat cairan dalam tubuh kita sedangkan saat cairan di dalam tubuh kita berlebihan ginjal akan mengeluarkannya.

  • Mengontrol tekanan darah. Hebat bukan si ginjal ini seperti dokter dalam tubuh kita jadi jangan sampai kita menjualnya ya kawan-kawan :P
Demikian artikel kami tentang organ tubuh manusia dan fungsinya dalam kehidupan, semoga dapat menambah pengetahuan kalian semuanya. Jika tulisan saya ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman kalian dan jangan lupa terus ikuti pengetahuan-pengetahuan menarik kami setiap harinya..

Salam dari kami Klik Pengetahuan, satu klik untuk kami seribu pengetahuan untuk kalian

Related Posts

Organ Tubuh Manusia dan Fungsinya dalam Kehidupan
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *