Investasi

Investasi
Investasi adalah penempatan uang atau dana dengan harapan untuk memperoleh tambahan atau keuntungan tertentu atas uang atau dana tersebut. Menurut Abdul Halim, “Investasi selalu memiliki dua sisi, yaitu return dan risiko”. Dalam Berinvestasi berlaku hukum bahwa semakin tinggi return yang ditawarkan maka semakin tinggi pula risiko yang harus ditanggung investor. Investor bisa saja mengalami kerugian bahkan lebih dari itu bisa kehilangan semua modalnya. Hal ini mungkin dapat menjelaskan mengapa tidak semua investor mengalokasikan dananya pada semua instrumen investasi yang menawarkan return yang tinggi.definisi lain mengenai investasi di kemukakan oleh Sunariyah “Investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang.

Investasi Dalam Sekuritas Hutang
Sekuritas hutang (debt securities) adalah instrument yang menunjukkan hubungan kreditor dengan suatu perusahaan. Untuk tujuan akuntansi dan pelaporan, investasi dalam sekuritas hutang dapat dikelompokkan kedalam tiga kategori:
Dimiliki sampai jatuh tempo (held to maturity)
Perdagangan (trading)
Tersedia untuk dijual (available for sale)

Biaya yang diamortisasi (amortized cost) adalah biaya perolehan/akuisisi yang disesuaikan untuk memperhitungkan amortisasi diskonto atau premi, jika dianggap tepat.
Sekuritas Yang Dimiliki Sampai Jatuh Tempo
Sekuritas hutang harus diklasifikasikan sebagai dimiliki sampai jatuh tempo hanya jika entitas yang melaporkan mempunyai :
Niat positif,
Kemampuan untuk memiliki sekuritas itu sampai jatuh tempo.

Sekuritas yang dimiliki sampai jatuh tempo dipertanggungjawabkan sebesar biaya yang diamortisasi, bukan pada nilai wajarnya. Ilustrasi:
Robinson Co. membeli obligasi 8% Evermaster $100.000 pada 1 Jan 2001, dengan membayar $92.278. Jatuh tempo 1 Jan 2006, bunga 1 Juli dan 1 Jan.
Pencatatan 1 Jan 2001:

Dr. Sekuritas yg Dimiliki Sampai Jatuh Tempo    92.278
Cr. Kas                                                                             92.278

Diskonto dan premi atas investasi jangka panjang dalam obligasi diamortisasi dengan cara yang sama dengan diskonto dan premi atas hutang obligasi. Metode bunga efektif diharuskan, kecuali jika metode lainnya memberikan hasil yangsama. Metode bunga efektif diterapkan pada investasi obligasi dengan cara yang sama seperti untuk hutang obligasi. Suku bunga efektif atau hasil (yield) dihitung pada saat investasi dilakukan dan dikenakan pada jumlah tercatat awalnya (nilai buku) atas setiap periode bunga untuk menghitung pendapatan bunga. Jumlah tercatat investasi akan bertambah dengan diskonto yang diamortisasi atau berkurang dengan premi yang diamortisasi dalam setiap periode.

Pencatatan 1 Juli 2001:

Dr. Kas                                                                       4.000
Dr. Sekuritas yg Dimiliki Sampai Jatuh Tempo            614
Cr. Pendapatan bunga                                                               4.614

31 Desember 2001 :

Dr. Piutang bunga `                                                   4.000
Dr. Sekuritas yg Dimiliki Sampai Jatuh Tempo           645
Cr. Pendapatan Bunga                                                             4.645

Pelaporan sekuritas yang dimiliki sampai jatuh tempo. Ilustrasi :
Robinson menjual obligasinya pada 1 November 2005 pada 99,75 ditambah bunga akrual.

Pencatatan pada 1 November 2005:

Dr. Sekuritas yang Dimiliki Sampai Jatuh Tempo           635
Cr. Pendapatan Bunga                                                                635

Amortisasi diskonto 1/7 – 1/11 2005 adalah $952x4/6

Dr. Kas                                                                  102.417
Cr. Pendapatan Bunga (4/6 x $4.000)                                     2.667
Cr. Sekuritas yg Dimiliki Sampai Jatuh Tempo                    99.683
Cr. Keuntungan atas Penjualan Sekuritas                                    67

Sekuritas Yang Tersedia Untuk Dijual

Investasi dalam sekuritas hutang yang termasuk dalam kategori tersedia untuk dijual dilaporkan sebesar nilai wajar. Keuntungan dan kerugian yang belum direalisasi yang berkaitan dengan perubahan nilai wajar sekuritas hutang yang tersedia untuk dijual dicatat dalam akun keuntungan atau kerugian kepemilikan yang belum direalisasi. Perubahan nilai wajar tidak dilaporkan sebagai bagian dari laba bersih sampai sekuritas itu dijual. Ilustrasi Satu sekuritas:

Graff Corp. membeli obligasi 10%, 5 tahun, senilai $100.000 pada 1 Jan 2001, bunga per 1 Juli dan 1 Jan. Obligasi dijual $108.111, menghasilkan premi obligasi $8.111, suku bunga efektif 8%.

1 Januari 2001:

Dr. Sekuritas yg Tersedia untuk Dijual             108.111
Cr. Kas                                                                             108.111

1 Juli 2001:

Dr. Kas                                                                 5.000
Cr. Sekuritas yg Tersedia untuk Dijual                            676
Cr. Pendapatan Bunga                                                   4.324


31 Desember 2001:

Dr. Piutang Bunga                                     5.000
Cr. Sekuritas yg Tersedia untuk Dijual                    703
Cr. Pendapatan Bunga                                           4.297

Asumsi, akhir tahun nilai wajar obligasi $105.000. Setelah membandingkan nilai wajar dengan jumlah tercatat, Graff mengakui kerugian kepemilikan yang belum direalisasi sebesar ($106.732 - $105.000) yaitu $1.732. Kerugian dilaporkan sebagai laba komprehensif lainnya dan sebagai komponen terpisah dari ekuitas pemegang saham

dengan jurnal 31 Desember 2001

Dr. Keuntungan/kerugian Kepemilikan yg Belum Direalisasi – Ekuitas   1.732
Cr. Penyesuaian Nilai Wajar Sekuritas (Tersediauntuk Dijual)                           1.732

Penjualan Sekuritas yang Tersedia untuk Dijual. Ilustrasi, dijual sebelum tanggal jatuh tempo:

Webb Corp. (dari ilustrasi 18-7) menjual obligasi Watson 8% pada 1 Juli 2003 dengan harga $90.000. Ayat jurnal untuk mengakui amortisasi diskonto dan penerimaan bunga sampai 1 Juli 2003 sudah dicatat dan biaya yang diamortisasi adalah $94.214. Kerugian yang direalisasi $94.214 - $90.000 yaitu $4.214. Pencatatan per 1 Juli 2003:

Dr. Kas                                                         90.000
Dr. Kerugian atas Penjualan Sekuritas                     4.214
Cr. Sekuritas yg Tersedia untuk Dijual                   94.214

Kerugian yang direalisasi ini dilaporkan dalam kelompok Beban dan Kerugian lain dalam laporan laba-rugi (ilustrasi 18-9).

Pada 31 Desember 2003, harus dicatat nilai wajar sekuritas yang baru :

Dr. Penyesuaian Nilai Wajar Sekuritas (Tersedia untuk Dijual)                 4.537
Cr. Keuntungan/Kerugian Kepemilikan yg Belum Direalisasi – Ekuitas                  4.537

Penyajian Laporan Keuangan (ilustrasi 18-10)

Sekuritas Perdagangan
Sekuritas perdagangan (trading securities) dimiliki dengan maksud akan dijual dalam periode waktu yang singkat. Pembelian dan penjualan sering dilakukan, dan sekuritas perdagangan digunakan untuk menghasilkan laba dari selisih harga jangka pendek. Periode kepemilikan sekuritas ini biasanya kurang dari 3 bulan dan mungkin lebih sering diukur dalam hitungan hari atau jam. Sekuritas ini dilaporkan pada nilai wajar, dengan keuntungan dan kerugian kepemilikan yang belum direalisasi (unrealized holding gains and loses) dilaporkan sebagai bagian dari laba bersih. Setiap diskonto atau premi tidak diamortisasi.

Keuntungan atau kerugian kepemilikan (holding gain or loss) adalah perubahan bersih dalam nilai wajar sekuritas dari satu periode ke periode lainnya, tidak termasuk pendapatan dividen atau bunga yang telah diakui tetapi belum diterima. FASB memutuskan untuk menyesuaikan sekuritas perdagangan ke nilai wajar, pada setiap tanggal pelaporan.

Investasi Dalam Sekuritas Ekuitas

Sekuritas ekuitas (equity securities) digambarkan sebagai sekuritas yang menunjukkan bagian kepemilikan seperti saham biasa, saham preferen, atau modal saham lainnya. Sekuritas ekuitas juga mencakup hak untuk memperoleh atau melepaskan bagain kepemilikan dengan harga yang sudah disepakati atau yang dapat ditentukan seperti warran, hak, serta opsi beli (call option) atau opsi jual (put option). Sekuritas hutang konvertibel dan saham preferen yang dapat ditebus tidak diperlakukan sebagai sekuritas ekuitas. Investasi oleh satu perusahaan (Investor) dalam saham biasa perusahaan lain (investee) diklasifikasikan menurut persentase saham dengan hak suara investee yang dimiliki investor:

Kepemilikan kurang dari 20% (metode nilai wajar), investor mempunyai hak pasif.
Kepemilikan antara 20% dan 50% (metode ekuitas), investor mempunyai pengaruh  yang signifikan.
Kepemilikan lebih dari 50% (laporan konsolidasi), investor mempunyai hak mengendalikan.

Kepemilikan Kurang Dari 20%
Sekuritas ekuitas dicatat pada biaya atau harga pokoknya.
Sekuritas ekuitas yang diperoleh dalam pertukaran dengan imbalan non-kas (property atau jasa) harus dicatat pada :
Nilai wajar imbalan yang diberikan, atau
Nilai wajar sekuritas yang diterima; mana yang dapat ditentukan dengan lebih jelas.

Pembelian 2 jenis atau lebih sekuritas dengan harga sekaligus (lump sum) mengharuskan dilakukannya pengalokasian biaya tersebut pada jenis2 yang berbeda dengan cara yang wajar. Metode nilai wajar relative (relative fair values) dan metode incremental (incremental method) adalah dua metode yang dapat dipilih untuk digunakan dalam pengalokasian biayanya. Pencatatan menggunakan metode nilai wajar (fair value method) mengharuskan perushaan mengklasifikasikan sekuritas ekuitas pada saat akuisisi sebagai sekuritas yang tersedia untuk dijual atau sekuritas perdagangan.

Sekuritas yang Tersedia untuk Dijual.
Ilustrasi: Republic Corp membeli saham biasa 3 perusahaan pada 3 Nov 2002, dengan nilai masing2 investasi kurang dari 20%, sebagai berikut:

Northwest Industries   $ 259.700
Campbell Soup               317.500
St. Regis                         141.350
Total Portfolio             $ 718.550

Pada 6 Desember 2002, Republic menerima dividen tunai sebesar $4.200 dari Campbell Soup.

Pencatatan 3 November:

Dr. Sekuritas yg Tersedia utk Dijual   718.550
Cr. Kas                                                     718.550


Pencatatan 6 Desember:

Dr. Kas                          4.200
Cr. Pendapatan Dividen        4.200


Pada 31 Des 2002, portfolio sekuritas Republic sebagai berikut:
Nilai wajar portfolio sekuritas yang tersedia untuk dijual ini $35.550 lebih rendah daripada biayanya.

Pencatatan 31 Desember:

Dr. Kentungan/kerugian kepemilikan yg belum Direalisasi – Ekuitas   35.550
Cr. Penyesuaian nilai wajar Sekuritas (tersedia utk dijual)                           35.550

Pada 23 Januari 2003, Republic menjual seluruh saham biasa Northwest dengan hasil bersih diterima $287.220.

Hasil bersih penjualan                            $287.220
Biaya saham Northwest                            259.700
Keuntungan atas penjualan saham              27.520

Pencatatan penjualan 23 Januari:

Dr. Kas                                                  287.220
Cr. Sekuritas yg Tersedia utk Dijual                   259.700
Cr. Keuntungan atas Penjualan Saham                  27.520

Pada 10 Februari 2003, Republic membeli 20.000 lembar saham Continental, harga pasar per saham $12,75, komisi pialang $1.850

Penyesuaian per 31 Desember 2003:

Dr. Penyesuaian Nilai Wajar Sekuritas(tersedia utk dijual)       99.800
Cr. Keuntungan/kerugian kepemilikan yg blm direalisasi                  99.800

Kepemilikan Antara 20% Dan 50%

APB dalam Opinion No.18 menyatakan bahwa kemampuan untuk menjalankan pengaruh

Perwakilan dalam dewan direksi.
Partisipasi dalam proses pembuatan kebijakan.
Pertukaran personil manajerial.
Ketergantungan teknologi.

Beberapa contoh dimana investasi sebesar 20% atau lebih tidak memungkinkan investor melaksanakan pengaruh yang signifikan:
Investee menentang akuisisi sahamnya oleh investor.
Investor dan investee menandatangani suatu perjanjian yang menyatakan bahwa investor akan melepaskan hak2 pemegang saham yang signifikan.
Bagian kepemilikan investor tidak menghasilkan pengaruh yang signifikan karena kepemilikan mayoritas investee terpusat pada sekelompok kecil pemegang saham yang mengoperasikan investee tanpa memperhatikan pandangan investor.
Investor membutuhkan atau menginginkan lebih banyak informasi keuangan daripada yang diterbitkan investee kepada publik, mencoba mendapatkannya dari investee, dan gagal.
Investor mencoba dan gagal untuk menempatkan wakilnya dalam dewan direksi investee.

Untuk mencapai tingkat keseragaman yang layak dalam penerapan kriteria “pengaruh yang signifikan”, profesi akuntan menyimpulkan bahwa investasi (langsung atau tidak langsung) sebesar 20% atau lebih dalam saham dengan hak suara investee harus mengarah pada anggapan bahwa bila tidak ada bukti yang menunjukkan sebaliknya, maka investor memiliki kemampuan untuk menjalankan pengaruh yang signifikan terhadap investee. Dalam hal terdapat “pengaruh yang signifikan”, investor diharuskan untuk memperhitungkan investasi itu dengan metode ekuitas (equity method).

Metode Ekuitas
Investasi pada awalnya dicatat pada biaya saham yang diperoleh tetapi kemudian disesuaikan pada setiap periode untuk memperhitungkan perubahan aktiva bersih investee. Yaitu, jumlah tercatat investasi secara periodik ditambah (dikurangi) dengan bagian proporsional investor atas laba  (rugi) investee dan dikurangi dengan semua dividen yang diterima investor dari investee. Dalam metode ekuitas, juga diperhitungkan amortisasi selisih antara biaya awal investor dan bagian proporsional investor atas nilai buku investee pada tanggal akuisisi.

Investor Co. membeli 250.000 lembar dari 1.000.000 lembar saham biasa Investee Co. yang beredar, pada 1 Jan 2002 seharga $8.500.000. Total kekayaan bersih atau nilai buku Investee $30 juta.

Harga perolehan saham                        8.500.000
Nilai buku ekuitas Investee                  7.500.000*
Kelebihan harga perolehan diatas NB  1.000.000
* 25% x 30juta

Ditetapkan bahwa $600.000 disebabkan oleh aktiva yang dapat disusutkan yang dinilai terlalu rendah, sedangkan $400.000 sisanya disebabkan oleh goodwill yang belum tercatat. Ditetapkan juga umur rata2 yang tersisa dari aktiva 10 tahun, dan goodwill diamortisasi selama 40 tahun. Untuk tahun 2002, Investee melaporkan laba bersih $2.800.000 termasuk kerugian luar biasa $400.000, dan membayar dividen pada 30 Juni 2002 dan 31 Desember masing2 sebesar $500.000 dan $900.000.

Pencatatan akuisisi saham pada1 Januari 2002:

Dr. Investasi dalam Saham Investee               8.500.000
Cr. Kas                                                                 8.500.000

Pencatatan Dividen diterima pada 30 Juni 2002:

Dr. Kas                                                                    125.000
                   Cr. Investasi dalam Saham Investee          125.000

Pencatatan 31 Desember 2002:

Mencatat bagian laba

Dr. Investasi dalam Saham Investee               700.000
Dr. Kerugian dari Investasi (luar biasa)          100.000
Cr. Pendapatan dari Investasi (biasa)                       800.000*

*bagian laba=$3,2 jt x 25% dan kerugian luar biasa=$400.000 x 25%

Mencatat Dividen diterima

Dr. Kas                                                   225.000
Cr. Investasi dalam Saham Investee                225.000
$900.000 x 25%

Mencatat amortisasi kelebihan biaya investasi atas nilai buku:

Dr. Pendapatan dari Investasi (biasa)             70.000
Cr. Investasi dalam Saham Investee                       70.000*

*Dari aktiva $600.000 : 10 = 60.000 dan dari goodwill $400.000 : 40 = 10.000

Jika bagian investor atas kerugian investee melebihi jumlah tercatat investasi, maka investor harus menghentikan penerapan metode ekuitas, dan tidak mengakui kerugian tambahan. Akan tetapi, jika potensi kerugian investor tidak terbatas sampai jumlah investasi awal, atau jika dipastikan investee akan segera kembali ke operasi yang menguntungkan, maka investor mengakui kerugian tambahan.

Kepemilikan Lebih Dari 50%
Jika satu perusahaan memperoleh hak suara lebih dari 50%-yaitu hak mengendalikan-dalam perusahaan lain, maka perusahaan investor disebut sebagai perusahaan induk (parent) dan perusahaan investee disebut sebagai perusahaan anak (subsidiary).
Investasi
Investasi adalah penempatan uang atau dana dengan harapan untuk memperoleh tambahan atau keuntungan tertentu atas uang atau dana tersebut. Menurut Abdul Halim, “Investasi selalu memiliki dua sisi, yaitu return dan risiko”. Dalam Berinvestasi berlaku hukum bahwa semakin tinggi return yang ditawarkan maka semakin tinggi pula risiko yang harus ditanggung investor. Investor bisa saja mengalami kerugian bahkan lebih dari itu bisa kehilangan semua modalnya. Hal ini mungkin dapat menjelaskan mengapa tidak semua investor mengalokasikan dananya pada semua instrumen investasi yang menawarkan return yang tinggi.definisi lain mengenai investasi di kemukakan oleh Sunariyah “Investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang.

Investasi Dalam Sekuritas Hutang
Sekuritas hutang (debt securities) adalah instrument yang menunjukkan hubungan kreditor dengan suatu perusahaan. Untuk tujuan akuntansi dan pelaporan, investasi dalam sekuritas hutang dapat dikelompokkan kedalam tiga kategori:
Dimiliki sampai jatuh tempo (held to maturity)
Perdagangan (trading)
Tersedia untuk dijual (available for sale)

Biaya yang diamortisasi (amortized cost) adalah biaya perolehan/akuisisi yang disesuaikan untuk memperhitungkan amortisasi diskonto atau premi, jika dianggap tepat.
Sekuritas Yang Dimiliki Sampai Jatuh Tempo
Sekuritas hutang harus diklasifikasikan sebagai dimiliki sampai jatuh tempo hanya jika entitas yang melaporkan mempunyai :
Niat positif,
Kemampuan untuk memiliki sekuritas itu sampai jatuh tempo.

Sekuritas yang dimiliki sampai jatuh tempo dipertanggungjawabkan sebesar biaya yang diamortisasi, bukan pada nilai wajarnya. Ilustrasi:
Robinson Co. membeli obligasi 8% Evermaster $100.000 pada 1 Jan 2001, dengan membayar $92.278. Jatuh tempo 1 Jan 2006, bunga 1 Juli dan 1 Jan.
Pencatatan 1 Jan 2001:

Dr. Sekuritas yg Dimiliki Sampai Jatuh Tempo    92.278
Cr. Kas                                                                             92.278

Diskonto dan premi atas investasi jangka panjang dalam obligasi diamortisasi dengan cara yang sama dengan diskonto dan premi atas hutang obligasi. Metode bunga efektif diharuskan, kecuali jika metode lainnya memberikan hasil yangsama. Metode bunga efektif diterapkan pada investasi obligasi dengan cara yang sama seperti untuk hutang obligasi. Suku bunga efektif atau hasil (yield) dihitung pada saat investasi dilakukan dan dikenakan pada jumlah tercatat awalnya (nilai buku) atas setiap periode bunga untuk menghitung pendapatan bunga. Jumlah tercatat investasi akan bertambah dengan diskonto yang diamortisasi atau berkurang dengan premi yang diamortisasi dalam setiap periode.

Pencatatan 1 Juli 2001:

Dr. Kas                                                                       4.000
Dr. Sekuritas yg Dimiliki Sampai Jatuh Tempo            614
Cr. Pendapatan bunga                                                               4.614

31 Desember 2001 :

Dr. Piutang bunga `                                                   4.000
Dr. Sekuritas yg Dimiliki Sampai Jatuh Tempo           645
Cr. Pendapatan Bunga                                                             4.645

Pelaporan sekuritas yang dimiliki sampai jatuh tempo. Ilustrasi :
Robinson menjual obligasinya pada 1 November 2005 pada 99,75 ditambah bunga akrual.

Pencatatan pada 1 November 2005:

Dr. Sekuritas yang Dimiliki Sampai Jatuh Tempo           635
Cr. Pendapatan Bunga                                                                635

Amortisasi diskonto 1/7 – 1/11 2005 adalah $952x4/6

Dr. Kas                                                                  102.417
Cr. Pendapatan Bunga (4/6 x $4.000)                                     2.667
Cr. Sekuritas yg Dimiliki Sampai Jatuh Tempo                    99.683
Cr. Keuntungan atas Penjualan Sekuritas                                    67

Sekuritas Yang Tersedia Untuk Dijual

Investasi dalam sekuritas hutang yang termasuk dalam kategori tersedia untuk dijual dilaporkan sebesar nilai wajar. Keuntungan dan kerugian yang belum direalisasi yang berkaitan dengan perubahan nilai wajar sekuritas hutang yang tersedia untuk dijual dicatat dalam akun keuntungan atau kerugian kepemilikan yang belum direalisasi. Perubahan nilai wajar tidak dilaporkan sebagai bagian dari laba bersih sampai sekuritas itu dijual. Ilustrasi Satu sekuritas:

Graff Corp. membeli obligasi 10%, 5 tahun, senilai $100.000 pada 1 Jan 2001, bunga per 1 Juli dan 1 Jan. Obligasi dijual $108.111, menghasilkan premi obligasi $8.111, suku bunga efektif 8%.

1 Januari 2001:

Dr. Sekuritas yg Tersedia untuk Dijual             108.111
Cr. Kas                                                                             108.111

1 Juli 2001:

Dr. Kas                                                                 5.000
Cr. Sekuritas yg Tersedia untuk Dijual                            676
Cr. Pendapatan Bunga                                                   4.324


31 Desember 2001:

Dr. Piutang Bunga                                     5.000
Cr. Sekuritas yg Tersedia untuk Dijual                    703
Cr. Pendapatan Bunga                                           4.297

Asumsi, akhir tahun nilai wajar obligasi $105.000. Setelah membandingkan nilai wajar dengan jumlah tercatat, Graff mengakui kerugian kepemilikan yang belum direalisasi sebesar ($106.732 - $105.000) yaitu $1.732. Kerugian dilaporkan sebagai laba komprehensif lainnya dan sebagai komponen terpisah dari ekuitas pemegang saham

dengan jurnal 31 Desember 2001

Dr. Keuntungan/kerugian Kepemilikan yg Belum Direalisasi – Ekuitas   1.732
Cr. Penyesuaian Nilai Wajar Sekuritas (Tersediauntuk Dijual)                           1.732

Penjualan Sekuritas yang Tersedia untuk Dijual. Ilustrasi, dijual sebelum tanggal jatuh tempo:

Webb Corp. (dari ilustrasi 18-7) menjual obligasi Watson 8% pada 1 Juli 2003 dengan harga $90.000. Ayat jurnal untuk mengakui amortisasi diskonto dan penerimaan bunga sampai 1 Juli 2003 sudah dicatat dan biaya yang diamortisasi adalah $94.214. Kerugian yang direalisasi $94.214 - $90.000 yaitu $4.214. Pencatatan per 1 Juli 2003:

Dr. Kas                                                         90.000
Dr. Kerugian atas Penjualan Sekuritas                     4.214
Cr. Sekuritas yg Tersedia untuk Dijual                   94.214

Kerugian yang direalisasi ini dilaporkan dalam kelompok Beban dan Kerugian lain dalam laporan laba-rugi (ilustrasi 18-9).

Pada 31 Desember 2003, harus dicatat nilai wajar sekuritas yang baru :

Dr. Penyesuaian Nilai Wajar Sekuritas (Tersedia untuk Dijual)                 4.537
Cr. Keuntungan/Kerugian Kepemilikan yg Belum Direalisasi – Ekuitas                  4.537

Penyajian Laporan Keuangan (ilustrasi 18-10)

Sekuritas Perdagangan
Sekuritas perdagangan (trading securities) dimiliki dengan maksud akan dijual dalam periode waktu yang singkat. Pembelian dan penjualan sering dilakukan, dan sekuritas perdagangan digunakan untuk menghasilkan laba dari selisih harga jangka pendek. Periode kepemilikan sekuritas ini biasanya kurang dari 3 bulan dan mungkin lebih sering diukur dalam hitungan hari atau jam. Sekuritas ini dilaporkan pada nilai wajar, dengan keuntungan dan kerugian kepemilikan yang belum direalisasi (unrealized holding gains and loses) dilaporkan sebagai bagian dari laba bersih. Setiap diskonto atau premi tidak diamortisasi.

Keuntungan atau kerugian kepemilikan (holding gain or loss) adalah perubahan bersih dalam nilai wajar sekuritas dari satu periode ke periode lainnya, tidak termasuk pendapatan dividen atau bunga yang telah diakui tetapi belum diterima. FASB memutuskan untuk menyesuaikan sekuritas perdagangan ke nilai wajar, pada setiap tanggal pelaporan.

Investasi Dalam Sekuritas Ekuitas

Sekuritas ekuitas (equity securities) digambarkan sebagai sekuritas yang menunjukkan bagian kepemilikan seperti saham biasa, saham preferen, atau modal saham lainnya. Sekuritas ekuitas juga mencakup hak untuk memperoleh atau melepaskan bagain kepemilikan dengan harga yang sudah disepakati atau yang dapat ditentukan seperti warran, hak, serta opsi beli (call option) atau opsi jual (put option). Sekuritas hutang konvertibel dan saham preferen yang dapat ditebus tidak diperlakukan sebagai sekuritas ekuitas. Investasi oleh satu perusahaan (Investor) dalam saham biasa perusahaan lain (investee) diklasifikasikan menurut persentase saham dengan hak suara investee yang dimiliki investor:

Kepemilikan kurang dari 20% (metode nilai wajar), investor mempunyai hak pasif.
Kepemilikan antara 20% dan 50% (metode ekuitas), investor mempunyai pengaruh  yang signifikan.
Kepemilikan lebih dari 50% (laporan konsolidasi), investor mempunyai hak mengendalikan.

Kepemilikan Kurang Dari 20%
Sekuritas ekuitas dicatat pada biaya atau harga pokoknya.
Sekuritas ekuitas yang diperoleh dalam pertukaran dengan imbalan non-kas (property atau jasa) harus dicatat pada :
Nilai wajar imbalan yang diberikan, atau
Nilai wajar sekuritas yang diterima; mana yang dapat ditentukan dengan lebih jelas.

Pembelian 2 jenis atau lebih sekuritas dengan harga sekaligus (lump sum) mengharuskan dilakukannya pengalokasian biaya tersebut pada jenis2 yang berbeda dengan cara yang wajar. Metode nilai wajar relative (relative fair values) dan metode incremental (incremental method) adalah dua metode yang dapat dipilih untuk digunakan dalam pengalokasian biayanya. Pencatatan menggunakan metode nilai wajar (fair value method) mengharuskan perushaan mengklasifikasikan sekuritas ekuitas pada saat akuisisi sebagai sekuritas yang tersedia untuk dijual atau sekuritas perdagangan.

Sekuritas yang Tersedia untuk Dijual.
Ilustrasi: Republic Corp membeli saham biasa 3 perusahaan pada 3 Nov 2002, dengan nilai masing2 investasi kurang dari 20%, sebagai berikut:

Northwest Industries   $ 259.700
Campbell Soup               317.500
St. Regis                         141.350
Total Portfolio             $ 718.550

Pada 6 Desember 2002, Republic menerima dividen tunai sebesar $4.200 dari Campbell Soup.

Pencatatan 3 November:

Dr. Sekuritas yg Tersedia utk Dijual   718.550
Cr. Kas                                                     718.550


Pencatatan 6 Desember:

Dr. Kas                          4.200
Cr. Pendapatan Dividen        4.200


Pada 31 Des 2002, portfolio sekuritas Republic sebagai berikut:
Nilai wajar portfolio sekuritas yang tersedia untuk dijual ini $35.550 lebih rendah daripada biayanya.

Pencatatan 31 Desember:

Dr. Kentungan/kerugian kepemilikan yg belum Direalisasi – Ekuitas   35.550
Cr. Penyesuaian nilai wajar Sekuritas (tersedia utk dijual)                           35.550

Pada 23 Januari 2003, Republic menjual seluruh saham biasa Northwest dengan hasil bersih diterima $287.220.

Hasil bersih penjualan                            $287.220
Biaya saham Northwest                            259.700
Keuntungan atas penjualan saham              27.520

Pencatatan penjualan 23 Januari:

Dr. Kas                                                  287.220
Cr. Sekuritas yg Tersedia utk Dijual                   259.700
Cr. Keuntungan atas Penjualan Saham                  27.520

Pada 10 Februari 2003, Republic membeli 20.000 lembar saham Continental, harga pasar per saham $12,75, komisi pialang $1.850

Penyesuaian per 31 Desember 2003:

Dr. Penyesuaian Nilai Wajar Sekuritas(tersedia utk dijual)       99.800
Cr. Keuntungan/kerugian kepemilikan yg blm direalisasi                  99.800

Kepemilikan Antara 20% Dan 50%

APB dalam Opinion No.18 menyatakan bahwa kemampuan untuk menjalankan pengaruh

Perwakilan dalam dewan direksi.
Partisipasi dalam proses pembuatan kebijakan.
Pertukaran personil manajerial.
Ketergantungan teknologi.

Beberapa contoh dimana investasi sebesar 20% atau lebih tidak memungkinkan investor melaksanakan pengaruh yang signifikan:
Investee menentang akuisisi sahamnya oleh investor.
Investor dan investee menandatangani suatu perjanjian yang menyatakan bahwa investor akan melepaskan hak2 pemegang saham yang signifikan.
Bagian kepemilikan investor tidak menghasilkan pengaruh yang signifikan karena kepemilikan mayoritas investee terpusat pada sekelompok kecil pemegang saham yang mengoperasikan investee tanpa memperhatikan pandangan investor.
Investor membutuhkan atau menginginkan lebih banyak informasi keuangan daripada yang diterbitkan investee kepada publik, mencoba mendapatkannya dari investee, dan gagal.
Investor mencoba dan gagal untuk menempatkan wakilnya dalam dewan direksi investee.

Untuk mencapai tingkat keseragaman yang layak dalam penerapan kriteria “pengaruh yang signifikan”, profesi akuntan menyimpulkan bahwa investasi (langsung atau tidak langsung) sebesar 20% atau lebih dalam saham dengan hak suara investee harus mengarah pada anggapan bahwa bila tidak ada bukti yang menunjukkan sebaliknya, maka investor memiliki kemampuan untuk menjalankan pengaruh yang signifikan terhadap investee. Dalam hal terdapat “pengaruh yang signifikan”, investor diharuskan untuk memperhitungkan investasi itu dengan metode ekuitas (equity method).

Metode Ekuitas
Investasi pada awalnya dicatat pada biaya saham yang diperoleh tetapi kemudian disesuaikan pada setiap periode untuk memperhitungkan perubahan aktiva bersih investee. Yaitu, jumlah tercatat investasi secara periodik ditambah (dikurangi) dengan bagian proporsional investor atas laba  (rugi) investee dan dikurangi dengan semua dividen yang diterima investor dari investee. Dalam metode ekuitas, juga diperhitungkan amortisasi selisih antara biaya awal investor dan bagian proporsional investor atas nilai buku investee pada tanggal akuisisi.

Investor Co. membeli 250.000 lembar dari 1.000.000 lembar saham biasa Investee Co. yang beredar, pada 1 Jan 2002 seharga $8.500.000. Total kekayaan bersih atau nilai buku Investee $30 juta.

Harga perolehan saham                        8.500.000
Nilai buku ekuitas Investee                  7.500.000*
Kelebihan harga perolehan diatas NB  1.000.000
* 25% x 30juta

Ditetapkan bahwa $600.000 disebabkan oleh aktiva yang dapat disusutkan yang dinilai terlalu rendah, sedangkan $400.000 sisanya disebabkan oleh goodwill yang belum tercatat. Ditetapkan juga umur rata2 yang tersisa dari aktiva 10 tahun, dan goodwill diamortisasi selama 40 tahun. Untuk tahun 2002, Investee melaporkan laba bersih $2.800.000 termasuk kerugian luar biasa $400.000, dan membayar dividen pada 30 Juni 2002 dan 31 Desember masing2 sebesar $500.000 dan $900.000.

Pencatatan akuisisi saham pada1 Januari 2002:

Dr. Investasi dalam Saham Investee               8.500.000
Cr. Kas                                                                 8.500.000

Pencatatan Dividen diterima pada 30 Juni 2002:

Dr. Kas                                                                    125.000
                   Cr. Investasi dalam Saham Investee          125.000

Pencatatan 31 Desember 2002:

Mencatat bagian laba

Dr. Investasi dalam Saham Investee               700.000
Dr. Kerugian dari Investasi (luar biasa)          100.000
Cr. Pendapatan dari Investasi (biasa)                       800.000*

*bagian laba=$3,2 jt x 25% dan kerugian luar biasa=$400.000 x 25%

Mencatat Dividen diterima

Dr. Kas                                                   225.000
Cr. Investasi dalam Saham Investee                225.000
$900.000 x 25%

Mencatat amortisasi kelebihan biaya investasi atas nilai buku:

Dr. Pendapatan dari Investasi (biasa)             70.000
Cr. Investasi dalam Saham Investee                       70.000*

*Dari aktiva $600.000 : 10 = 60.000 dan dari goodwill $400.000 : 40 = 10.000

Jika bagian investor atas kerugian investee melebihi jumlah tercatat investasi, maka investor harus menghentikan penerapan metode ekuitas, dan tidak mengakui kerugian tambahan. Akan tetapi, jika potensi kerugian investor tidak terbatas sampai jumlah investasi awal, atau jika dipastikan investee akan segera kembali ke operasi yang menguntungkan, maka investor mengakui kerugian tambahan.

Kepemilikan Lebih Dari 50%
Jika satu perusahaan memperoleh hak suara lebih dari 50%-yaitu hak mengendalikan-dalam perusahaan lain, maka perusahaan investor disebut sebagai perusahaan induk (parent) dan perusahaan investee disebut sebagai perusahaan anak (subsidiary).

Related Posts

Investasi
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *