business to business (B2B) PT BLUESCOPE STEEL INDONESIA

 Asia merupakan pasar yang luas dan berpotensi untuk berputarnya seluruh bisnis di dunia, termasuk PT Bluescope Steel Limited yang secara terus-menerus mengerahkan segenap upaya untuk menguasai pasar di Asia. Untuk mewujudkan impian tersebut menjadi kenyataan, PT BlueScope Steel Limited mulai menjejakkan kaki di Asia dengan membangun fasilitas pertamanya di Indonesia.

Tanggal 2 Sepetember 1992 adalah hari yang bersejarah bagi PT BlueScope Steel Limited dan PT BlueScope Steel Indonesia karena hari itu merupakan awal dari pembangunan fasilitas pelapisan dan pewarnaan baja lapis - lapis ringannya di Komplek Industri Cilegon, Banten.

Sebagai satu-satunya produsen lokal baja lapis-lapis berlapis seng/alumunium di Indonesia, pabrik ini diresmikan pada tanggal 13 Oktober 1995. Dalam pengembangan selanjutnya, perusahaan tersebut mendirikan kantor-kantor penjualan dan pemasaran di tiga kota besar, yaitu di Jakarta, Surabaya dan Medan. Selama lebih dari sepuluh tahun, perusahaan tersebut telah `berhasil mengoperasikan bisnis di Indonesia berdasarkan our bond yang merupakan panduan prinsip perusahaan tersebut.

PT Bluescope Steel Indonesia menggeluti pasar business to business (B2B).
Business to Business (B2B) adalah sistem komunikasi bisnis online antar pelaku bisnis (Onno W. Purbo, 2000:2). Dalam persaingan yang semakin kompetitif, Business to business (B2B) menjadi solusi konsep kerjasama yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk membangun hubungan yang baik dengan mitra bisnisnya. Kini sudah banyak perusahaan yang menggeluti pasar B2B ini, salah satunya adalah PT Bluescope Steel Indonesia. Perusahaan manufaktur asal Australia ini membuka dan meresmikan cabangnya pada tahun 1995 dan menyediakan baja lapis untuk industri, perumahaan,

Produk – Produk PT Bluescope Steel Indonesia.
Hal yang membuat PT BlueScope Steel bertahan adalah dengan cara menjalankan business to business yaitu memasarkan produk mereka kepada perusahaan – perusahaan yang tak jauh dengan produksi baja. Sehingga bisa dibilang sebagian besar pelanggannya adalah perusahaan meskipun PT BlueScope Steel memiliki target market industri, perumahan, dan manufaktur. Perusahaan ini mampu memproduksi hingga 100.000 ton lapis baja metal dan 55.000 ton baja lapis berwarna.
PT Bluescope Steel Indonesia sangat percaya bahwa keberhasilan perusahaan tersebut tergantung dari para pelanggan yang memilih produk mereka. PT Bluescope Steel memegang teguh kepercayaan tersebut dengan selalu berupaya memelihara produk-produk patennya. seperti Baja lapis lapis ZINCALUME®, baja lapis lapis Clean COLORBOND® dan baja lapis lapis GALVALUME® agar tetap berada di posisi yang tepat. Sebagai tambahan, agar dapat memenuhi permintaan yang terus meningkat dari seluruh pangsa pasar yang ada, PT Bluescope Steel juga telah memproduksi dan beragam produk baja lapis lapis berlapis seng/alumunium bermutu tinggi, seperti baja lapis lapis PELANGI®, baja lapis lapis ABADI®, baja lapis lapis GEMILANG®, baja lapis lapis INTERIOR®, baja lapis lapis INDAH®, baja lapis lapis TEXTURA®, baja lapis lapis ANCOR®, baja lapis lapis PERISAI™, dan baja lapis lapis TANGGUH™. Semua produk tersebut dibuat dengan standar manufaktur dan disiplin operasi tinggi dan berkelas dunia di dalam pabrik yang dapat diandalkan sehingga produk yang dihasilkan sangat berkualitas. Perusahaan tersebut juga memiliki sasaran untuk senantiasa bekerja keras dalam melakukan peningkatan, inovasi produksi dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Menjalin relationship yang baik dengan pelanggan
PT BlueScope Steel selalu menjaga hubungan baik dengan pelanggan, salah satu cara yang digunakan perusahaan tersebut yaitu dengan menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan dengan mengetahui tipikal produk dan memahami apa yang diinginkan pelanggan. Dengan demikian perusahaan tersebut berupaya untuk terus membangun hubungan dengan pelanggan dan menjaga kepercayaan yang diberikan kepada pelanggan tersebut.
Selain dengan pelanggan, PT Blue Scope Steel juga menjaga hubungan dengan industri lain yaitu mengadakan seminar dengan kalangan industri terkait. Dalam seminar tersebut membahas mengenai manfaat penggunaan yang berbasis baja. Langkah tersebut untuk mencari dan mempertahankan pelanggan. Iklan di media massa juga menjadi salah satu strategi untuk mempertahankan pelanggan. Dengan promosi iklan, perusahaan dapat menjaga citra baik perusahaan dan dikenal oleh konsumen lain.
Perusahaan tersebut menawarkan garansi terhadap korosi yang diakibatkan perforasi material, menjaga kontrol kualitas produk, didukung teknis yang berkualitas keanekaragaman ukuran produk. Berkat konsistensi dalam melayani pelanggan dengan baik, perusahaan ini telah memperoleh ISO 9001 : 2000 Llyod’s Register.

Alasan PT BlueScope Steel Memilih Marketing Strategy Business To Business.
Dilihat dari sisi pemasaran PT BlueScope Steel, perusahaan ini menggunakan beberapa cara. Pertama, keunggulan produk perusahaan yang berkualitas daripada produk perusahaan lain karena PT BlueScope Steel selalu memperbaharui teknologi produksi barang. Selain itu PT BlueScope Steel juga membidik target market industri, perumahan, dan manufaktur. Perusahaan ini menjaga konsumennya dengan cara menjalin hubungan yang baik. Setiap marketer dari perusahaan harus mengetahui tipikal produk dan memahami apa yang dinginkan pelanggan. Tipe relationship yang digunakan oleh perusahaan ini, disebut dengan Value Adding Exchange.
Dilihat dari sisi target pasar, perusahaan cenderung menargetkan produksinya dibidang konstruksi bangunan. Dengan alasan banyaknya pembangunan yang sedang dilakukan di Indonesia. Cara penjualan produk BlueScope Steel di Indonesia menggunakan marketing strategy B2B dan B2C. Dilihat dari segmentasi pasar bisnis, dengan memperhatikan para pebisnis yang bergerak di konstruksi pembangunan sangat tepat memilih target pasar tersebut. Dilihat dari sisi segmentasi pasar yang efektif, daya beli baja untuk konstruksi pembangunan sangat banyak. Sebagai contoh, konstruksi pembangunan yang dilakukan di daerah Bumi Serpong Damai meliputi perumahan, ruko, dan sebagainya. Menurut kami dari segmentasi pasar konsumen, konsumsi baja banyak digunakan dalam pembangunan rumah pribadi di Indonesia.
Segmen pasar konstruksi pembangunan di Indonesia akan mengalami pertumbuhan selama Indonesia masih digolongkan dalam negara yang berkembang, karena secara logika selama Indonesia masih menjadi negara berkembang maka pembangunan infrastruktur di berbagai daerah akan terus dilakukan. Maka dapat disimpulkan bahwa target pasar yang dipilih oleh perusahaan ini memiliki potensi yang baik dalam peningkatan penjualan produk.
Dalam B2B PT Bluescope Steel Indonesia memiliki dua mitra bisnis yang menjadi target penjualannya, yaitu produsen dan organisasi. Perusahaan ini menyediakan baja lapis untuk PT Tata Logam Lestari yang akan diproduksi menjadi genteng metal, PT Kepuh Kencana Arum dan kepada anak perusahaannya sendiri, PT Bluescope Lysaght Indonesia. Ada juga AtapBajaRinganOnline.com tergabung dalam Kelompok Usaha CV Anugerah Graha Artha Tornado, Perusahaan bergerak di bidang distribusi sekaligus memiliki Spesialisasi Teknis sebagai aplikator rangka atap baja ringan, dengan License dari PT BlueScope Steel Indonesia.
Tidak hanya untuk mendapatkan profit, perusahaan asal Australia ini juga peduli terhadap people dan planet. Sebagai bentuk CSR, PT Bluescope Steel Indonesia ikut andil dalam kegiatan sosial baik dalam memberikan jasa maupun materi. Pasca bencana alam yang mengakibatkan kerusakan hebat di Aceh, PT Bluescope Steel Indonesia melalui Federation of Red Cross and Red Cresccent Societies menyumbangkan A$ 200 ribu kepada korban gempa. Kegiatan lain juga dilakukan oleh perusahaan besar ini bekerjasama dengan beberapa organisasi non-profit; Yayasan Budha Tzu Chi, World Vision, ATMI, dan Catholic Relief Service.
PT Bluescope Steel dapat membuktikan bahwa dalam berbisnis tidak selalu dari sisi penjual dan pembeli, tetapi juga dari penjual kepada penjual

Cara Memesan Barang Di PT BlueScope Steel Indonesia.
PT Blue Scope Steel Indonesia memiliki beberapa kantor penjualan dan pemasaran di beberapa kota yaitu, Jakarta PT. BlueScope Steel Indonesia BRI II Building 9th Floor, Suite 902 Jl. Jendral Sudirman No. 44-46 Jakarta 10210 – Indonesia Phone: +6221 578 54150 Fax: +6221 578 54151. Medan Jl. Rumah Potong Hewan no. 177 Medan – Indonesia Phone: (061) 685 1555 Fax: (061) 685 0155 , dan Surabaya Plaza BRI 5th Floor, Suite 507-A Jl. Basuki Rachmat 122 Surabaya 60271 – Indonesia Phone: 62-31-532 0525 / 532 0259 Fax: 62-31-532 0711. Atau dapat juga memesan melalui online di Website: www.bluescopesteel.co.id. Di website tersebut terdapat fasilitas untuk permintaan barang, pertanyaan barang, dan lain sebagainya.

sumber:

http://www.bluescopesteelasia.com
http://www.bluescopesteel.co.id
http://www.kampus.marketing.co.id/2012/11/07/pt-bluescope-steel-indonesia-pelanggannya-pabrik-juga/
http://marketing.co.id/marketing-knowledge/penerapan-business-to-business-pt-bluescope-steel-indonesia/
http://atapbajaringanonline.com/tentang-kami-atap-baja-ringan-online/


maaf jika ada kesalahan, terima kasih atas kunjungan anda...


 Asia merupakan pasar yang luas dan berpotensi untuk berputarnya seluruh bisnis di dunia, termasuk PT Bluescope Steel Limited yang secara terus-menerus mengerahkan segenap upaya untuk menguasai pasar di Asia. Untuk mewujudkan impian tersebut menjadi kenyataan, PT BlueScope Steel Limited mulai menjejakkan kaki di Asia dengan membangun fasilitas pertamanya di Indonesia.

Tanggal 2 Sepetember 1992 adalah hari yang bersejarah bagi PT BlueScope Steel Limited dan PT BlueScope Steel Indonesia karena hari itu merupakan awal dari pembangunan fasilitas pelapisan dan pewarnaan baja lapis - lapis ringannya di Komplek Industri Cilegon, Banten.

Sebagai satu-satunya produsen lokal baja lapis-lapis berlapis seng/alumunium di Indonesia, pabrik ini diresmikan pada tanggal 13 Oktober 1995. Dalam pengembangan selanjutnya, perusahaan tersebut mendirikan kantor-kantor penjualan dan pemasaran di tiga kota besar, yaitu di Jakarta, Surabaya dan Medan. Selama lebih dari sepuluh tahun, perusahaan tersebut telah `berhasil mengoperasikan bisnis di Indonesia berdasarkan our bond yang merupakan panduan prinsip perusahaan tersebut.

PT Bluescope Steel Indonesia menggeluti pasar business to business (B2B).
Business to Business (B2B) adalah sistem komunikasi bisnis online antar pelaku bisnis (Onno W. Purbo, 2000:2). Dalam persaingan yang semakin kompetitif, Business to business (B2B) menjadi solusi konsep kerjasama yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk membangun hubungan yang baik dengan mitra bisnisnya. Kini sudah banyak perusahaan yang menggeluti pasar B2B ini, salah satunya adalah PT Bluescope Steel Indonesia. Perusahaan manufaktur asal Australia ini membuka dan meresmikan cabangnya pada tahun 1995 dan menyediakan baja lapis untuk industri, perumahaan,

Produk – Produk PT Bluescope Steel Indonesia.
Hal yang membuat PT BlueScope Steel bertahan adalah dengan cara menjalankan business to business yaitu memasarkan produk mereka kepada perusahaan – perusahaan yang tak jauh dengan produksi baja. Sehingga bisa dibilang sebagian besar pelanggannya adalah perusahaan meskipun PT BlueScope Steel memiliki target market industri, perumahan, dan manufaktur. Perusahaan ini mampu memproduksi hingga 100.000 ton lapis baja metal dan 55.000 ton baja lapis berwarna.
PT Bluescope Steel Indonesia sangat percaya bahwa keberhasilan perusahaan tersebut tergantung dari para pelanggan yang memilih produk mereka. PT Bluescope Steel memegang teguh kepercayaan tersebut dengan selalu berupaya memelihara produk-produk patennya. seperti Baja lapis lapis ZINCALUME®, baja lapis lapis Clean COLORBOND® dan baja lapis lapis GALVALUME® agar tetap berada di posisi yang tepat. Sebagai tambahan, agar dapat memenuhi permintaan yang terus meningkat dari seluruh pangsa pasar yang ada, PT Bluescope Steel juga telah memproduksi dan beragam produk baja lapis lapis berlapis seng/alumunium bermutu tinggi, seperti baja lapis lapis PELANGI®, baja lapis lapis ABADI®, baja lapis lapis GEMILANG®, baja lapis lapis INTERIOR®, baja lapis lapis INDAH®, baja lapis lapis TEXTURA®, baja lapis lapis ANCOR®, baja lapis lapis PERISAI™, dan baja lapis lapis TANGGUH™. Semua produk tersebut dibuat dengan standar manufaktur dan disiplin operasi tinggi dan berkelas dunia di dalam pabrik yang dapat diandalkan sehingga produk yang dihasilkan sangat berkualitas. Perusahaan tersebut juga memiliki sasaran untuk senantiasa bekerja keras dalam melakukan peningkatan, inovasi produksi dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Menjalin relationship yang baik dengan pelanggan
PT BlueScope Steel selalu menjaga hubungan baik dengan pelanggan, salah satu cara yang digunakan perusahaan tersebut yaitu dengan menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan dengan mengetahui tipikal produk dan memahami apa yang diinginkan pelanggan. Dengan demikian perusahaan tersebut berupaya untuk terus membangun hubungan dengan pelanggan dan menjaga kepercayaan yang diberikan kepada pelanggan tersebut.
Selain dengan pelanggan, PT Blue Scope Steel juga menjaga hubungan dengan industri lain yaitu mengadakan seminar dengan kalangan industri terkait. Dalam seminar tersebut membahas mengenai manfaat penggunaan yang berbasis baja. Langkah tersebut untuk mencari dan mempertahankan pelanggan. Iklan di media massa juga menjadi salah satu strategi untuk mempertahankan pelanggan. Dengan promosi iklan, perusahaan dapat menjaga citra baik perusahaan dan dikenal oleh konsumen lain.
Perusahaan tersebut menawarkan garansi terhadap korosi yang diakibatkan perforasi material, menjaga kontrol kualitas produk, didukung teknis yang berkualitas keanekaragaman ukuran produk. Berkat konsistensi dalam melayani pelanggan dengan baik, perusahaan ini telah memperoleh ISO 9001 : 2000 Llyod’s Register.

Alasan PT BlueScope Steel Memilih Marketing Strategy Business To Business.
Dilihat dari sisi pemasaran PT BlueScope Steel, perusahaan ini menggunakan beberapa cara. Pertama, keunggulan produk perusahaan yang berkualitas daripada produk perusahaan lain karena PT BlueScope Steel selalu memperbaharui teknologi produksi barang. Selain itu PT BlueScope Steel juga membidik target market industri, perumahan, dan manufaktur. Perusahaan ini menjaga konsumennya dengan cara menjalin hubungan yang baik. Setiap marketer dari perusahaan harus mengetahui tipikal produk dan memahami apa yang dinginkan pelanggan. Tipe relationship yang digunakan oleh perusahaan ini, disebut dengan Value Adding Exchange.
Dilihat dari sisi target pasar, perusahaan cenderung menargetkan produksinya dibidang konstruksi bangunan. Dengan alasan banyaknya pembangunan yang sedang dilakukan di Indonesia. Cara penjualan produk BlueScope Steel di Indonesia menggunakan marketing strategy B2B dan B2C. Dilihat dari segmentasi pasar bisnis, dengan memperhatikan para pebisnis yang bergerak di konstruksi pembangunan sangat tepat memilih target pasar tersebut. Dilihat dari sisi segmentasi pasar yang efektif, daya beli baja untuk konstruksi pembangunan sangat banyak. Sebagai contoh, konstruksi pembangunan yang dilakukan di daerah Bumi Serpong Damai meliputi perumahan, ruko, dan sebagainya. Menurut kami dari segmentasi pasar konsumen, konsumsi baja banyak digunakan dalam pembangunan rumah pribadi di Indonesia.
Segmen pasar konstruksi pembangunan di Indonesia akan mengalami pertumbuhan selama Indonesia masih digolongkan dalam negara yang berkembang, karena secara logika selama Indonesia masih menjadi negara berkembang maka pembangunan infrastruktur di berbagai daerah akan terus dilakukan. Maka dapat disimpulkan bahwa target pasar yang dipilih oleh perusahaan ini memiliki potensi yang baik dalam peningkatan penjualan produk.
Dalam B2B PT Bluescope Steel Indonesia memiliki dua mitra bisnis yang menjadi target penjualannya, yaitu produsen dan organisasi. Perusahaan ini menyediakan baja lapis untuk PT Tata Logam Lestari yang akan diproduksi menjadi genteng metal, PT Kepuh Kencana Arum dan kepada anak perusahaannya sendiri, PT Bluescope Lysaght Indonesia. Ada juga AtapBajaRinganOnline.com tergabung dalam Kelompok Usaha CV Anugerah Graha Artha Tornado, Perusahaan bergerak di bidang distribusi sekaligus memiliki Spesialisasi Teknis sebagai aplikator rangka atap baja ringan, dengan License dari PT BlueScope Steel Indonesia.
Tidak hanya untuk mendapatkan profit, perusahaan asal Australia ini juga peduli terhadap people dan planet. Sebagai bentuk CSR, PT Bluescope Steel Indonesia ikut andil dalam kegiatan sosial baik dalam memberikan jasa maupun materi. Pasca bencana alam yang mengakibatkan kerusakan hebat di Aceh, PT Bluescope Steel Indonesia melalui Federation of Red Cross and Red Cresccent Societies menyumbangkan A$ 200 ribu kepada korban gempa. Kegiatan lain juga dilakukan oleh perusahaan besar ini bekerjasama dengan beberapa organisasi non-profit; Yayasan Budha Tzu Chi, World Vision, ATMI, dan Catholic Relief Service.
PT Bluescope Steel dapat membuktikan bahwa dalam berbisnis tidak selalu dari sisi penjual dan pembeli, tetapi juga dari penjual kepada penjual

Cara Memesan Barang Di PT BlueScope Steel Indonesia.
PT Blue Scope Steel Indonesia memiliki beberapa kantor penjualan dan pemasaran di beberapa kota yaitu, Jakarta PT. BlueScope Steel Indonesia BRI II Building 9th Floor, Suite 902 Jl. Jendral Sudirman No. 44-46 Jakarta 10210 – Indonesia Phone: +6221 578 54150 Fax: +6221 578 54151. Medan Jl. Rumah Potong Hewan no. 177 Medan – Indonesia Phone: (061) 685 1555 Fax: (061) 685 0155 , dan Surabaya Plaza BRI 5th Floor, Suite 507-A Jl. Basuki Rachmat 122 Surabaya 60271 – Indonesia Phone: 62-31-532 0525 / 532 0259 Fax: 62-31-532 0711. Atau dapat juga memesan melalui online di Website: www.bluescopesteel.co.id. Di website tersebut terdapat fasilitas untuk permintaan barang, pertanyaan barang, dan lain sebagainya.

sumber:

http://www.bluescopesteelasia.com
http://www.bluescopesteel.co.id
http://www.kampus.marketing.co.id/2012/11/07/pt-bluescope-steel-indonesia-pelanggannya-pabrik-juga/
http://marketing.co.id/marketing-knowledge/penerapan-business-to-business-pt-bluescope-steel-indonesia/
http://atapbajaringanonline.com/tentang-kami-atap-baja-ringan-online/


maaf jika ada kesalahan, terima kasih atas kunjungan anda...


Related Posts

business to business (B2B) PT BLUESCOPE STEEL INDONESIA
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *